info@alatpengujian.com +62-21 8015501

Alat Uji Kualitas Bahan Bakar Minyak

OCTANE-IM Adalah penganalisis oktana dan cetana portabel yang ringkas dan mudah digunakan dengan Interface USB, cocok digunakan untuk kontrol kualitas Bahan Bakar Minyak seperti: Premium, Pertalite, Pertamax dan Sejenisnya juga bahan Bakar Solar, Dexlite dan Pertamina Dex, cocok untuk metode Research Octane Number (RON) dan Motor Octane Number (MON).

Octane-IM

Setelah bahan bakar minyak (BBM) mengalami kenaikan harga dan kenakalan para pengusaha SPBU yang mencampur bahan bakar untuk mengambil ke untungan yang lebih besar, dan ber-akibat mempengaruhi performa mesin kendaraan sehingga banyak orang yang beralih dari perusahaan pelat merah ke perusahaan swasta dengan harga yang lebih bersaing.

Octane-IM Octane-IM Octane-IM

Octane-IM Octane-IM Octane-IM

Akhir-akhir ini, bukan hanya harga BBM yang jadi pertimbangan, melainkan juga angka RON/MON yang menjadi acuan bagi seorang pengendara untuk membelinya. Namun, apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan RON/MON dan pengaruhnya ke kendaraan? dan bagaimana cara mengetahuinya.

Kami distributor Octane-IM alat ukur kualitas bahan bakar minyak menawarkan ke Anda dengan kualitas alat terbaik serta analisis perhitungan yang akurat.

Octane-IM Octane-IM Octane-IM

Hasil konsisten dengan ASTM D2699, ASTM D2700, ASTM D613, ISO 5163, ISO 5164, EN 25163, EN 25164 dan dapat dilacak ke laboratorium knock engine laboratory.

OCTANE-IM dimaksudkan untuk digunakan:

  1. Di kilang untuk mengontrol kualitas komponen bahan bakar dan campurannya.
  2. Untuk pemeriksaan bahan bakar selama transportasi, penyimpanan dan penggunaan.

Research octane number (RON) adalah angka yang digunakan untuk mengukur nilai oktan dalam kandungan bahan bakar minyak (BBM). Melansir dari Petro Online, RON dan motor octane number (MON) berguna untuk membuat profil bahan bakar dan menentukan berapa banyak yang dapat ditahan oleh bensin sebelum dibakar di dalam mesin.

Namun, perbedaan yang paling signifikan adalah RON menunjukkan simulasi kerja bahan bakar saat mesin dalam kondisi standar. Sedangkan, MON menunjukkan kinerja bahan bakar saat mesin dalam kondisi yang lebih berat.

Features & Benefits

  1. Unit pengukur memiliki ukuran yang sangat ringkas dan kotak aluminium kokoh yang praktis.
  2. Penganalisis oktan dan cetane portabel dengan USB dan antarmuka printer portabel.
  3. Karena desain asli sensor dan teknik inovatif pengukuran permeabilitas dielektrik, OCTANE-IM memberikan pengulangan yang sangat baik dan stabilitas pembacaan jangka panjang.
  4. Sensor praktis yang dapat dilepas dengan penguncian yang cepat dan andal.
  5. Instrumen yang dirancang untuk menahan penggunaan lapangan yang luas.
  6. Hasil dalam waktu kurang dari 10 detik.
  7. Mengukur semua tingkat bensin tanpa timbal.
  8. Kemampuan menyimpan hingga 10 hasil pengukuran di memori internal.
  9. Konsumsi daya yang sangat rendah memungkinkan OCTANE‑IM bekerja selama 80 jam menggunakan dua baterai yang terisi daya.
  10. Dilengkapi dengan tas jinjing.

Oktana Dan Cetana :

  1. OCTANE NUMBER yang terkait dengan bahan bakar motor (sebagai CETANE NUMBER yang terkait dengan bahan bakar Diesel) adalah ukuran kinerja bahan bakar tersebut.
  2. Angka tersebut sesuai dengan sifat preignition dari bahan bakar dibandingkan dengan campuran bahan bakar standar. Isooktana murni didefinisikan memiliki angka oktan 100, sedangkan heptana didefinisikan memiliki angka oktan 0. Serangkaian standar yang mengandung heptana, isooctane, dan toluena digunakan untuk menentukan skala antara dua batas ini.

Prosedur Standar ASTM untuk penentuan angka oktan membutuhkan penggunaan mesin ketukan. Prinsip pengoperasian OCTANE-IM didasarkan pada analisis permeabilitas dielektrik bahan bakar.

Karena desain asli sensor dan teknik inovatif pengukuran permeabilitas dielektrik, OCTANE-IM memberikan pengulangan yang sangat baik dan stabilitas pembacaan jangka panjang. Tetapi ukuran permeabilitas dielektrik adalah teknik sekunder, di mana hasilnya dihasilkan melalui persamaan regresi yang memodelkan keluaran dari beberapa metode analisis utama. Dalam kasus pengujian oktan, metode analisis utama adalah Knock Engine.

Metode sekunder tidak akan pernah menunjukkan akurasi yang lebih baik daripada presisi metode primer. Dalam hal pengujian mesin ketuk, batasannya adalah seperti yang dirangkum dibawah ini:

Batasan RON dan MON :

  1. RON :
    1. ASTM Procedure: D 2699
    2. Reproducibility (95% confidence): ±0.7
    3. Repeatability (95% confidence): ±0.2
  2. MON :
    1. ASTM Procedure: D 2700
    2. Reproducibility (95% confidence): ±0.9
    3. Repeatability (95% confidence): ±0.3

Dalam hal ini:

Reproduktifitas menjelaskan kemampuan mesin untuk menghasilkan hasil yang sama untuk bahan bakar tertentu setelah dimatikan, kemudian dihidupkan kembali dan digunakan oleh teknisi baru.

Pengulangan menggambarkan kemampuan mesin untuk menghasilkan hasil yang sama untuk sampel bahan bakar dalam pengujian berturut-turut.

Note: Bahan bakar dari kilang yang berbeda mungkin memiliki perbedaan dalam ketergantungan tipikal permeabilitas dielektrik - angka oktan (setana), terbuat dari isooctane dan heptana murni. Jadi mungkin perlu melakukan kalibrasi individu, mengambil bahan bakar tertentu sebagai standar, mengujinya dengan mesin ketukan (Knock Engine).